logo rtv rohil

logo rtv rohil
RTV ROHIL

Minggu, 22 Februari 2015

(18 Feb 2015) - ROHIL PROGRAMKAN SWASEMBADA PANGAN NASIONAL 2017

Bagansiapi api - Pemkab Rohil menyambut baik terhadap program swasembada pangan nasional tahun 2017 yang digagas oleh presiden joko widodo. menindaklanjuti program tersebut pemkab Rohil langsung menggelar rapat dalam rangka mendukung program swasembada pangan tersebut. rapat yang digelar diaula kantor bupati Rokan Hilir ini dihadiri bupati Rokan Hilir Suyatno, wakil ketua dprd jamiludin, Kepala dinas Kepala tanaman pangan dan hotikultura propinsi riau jailani, Dandim 0303 Bengkalis letkol arh wahyu dwi ariyanto, kadistanak Rohil muslim, sekretaris badan penyuluhan riau dan tni serta babinsa. bupati Rokan Hilir Suyatno mengatakan rapat yang digelar ini merupakan tindak lanjut dari pemerintah pusat dan propinsi riau guna membahas peningkatan swasembada pangan diRokan Hilir. dalam rapat ini juga digelar master of understanding mou bersama pemkab Rohil bersama tni untuk membantu mensukseskan program tersebut. program ini juga dilakukan mengingat alih pungsi lahan diRokan Hilir semakin meningkat, maka dari itu dengan adanya program ini diharapkan produktivitas swasembada pangan seperti padi, jagung dan kedele terus meningkat.
        Dandim 0303 Bengkalis letkol arh wahyu dwi ariyanto mengatakan, pada dasarnya pihaknya membantu dalam meningkatkan swasembada pangan diRokan Hilir. bahkan pihaknya juga terus memberikan motivasi kepada para petani untuk tetap bertahan dilahan Kepala pangan. pihaknya juga berharap dengan adanya program tersebut diharapkan bisa meningkatkan kembali produktivitas swasembada pangan dinegeri seribu kubah.
            Sementara Kepala dinas Kepala dan Peternakan Rokan Hilir muslim mengakui bahwa 10 tahun yang lalu Rokan Hilir merupakan lumbung padi diriau, namun setelah lahan Kepala padi mulai berkurang terutama pada 2012 lalu. meski demikian hingga saat ini lahan Kepala padi masih tetap ada seperti kecamatan bangko, kubu, pekaitan, rimba melintang dan kecamatan sinaboi. khusus diwilayah kecamatan rimba melintang berbeda dengan kecamatan lainnya, dimana panen raya dikecamatan rimba melintang dilakukan 3 kali dalam satu tahun. ini dikarenakan daerah tersebut memiliki jaringan irigasi berupa pompanisasi jumrah.(dedi dahmudi & suryadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar